Saturday, June 20, 2009

Kisah spirit TKW

Berikut ini dipaparkan hasil kreatifitas anak bangsa, yang memiliki kandungan nilai kemanusiaan menurut perspektif empiri yang ia alami sepanjang perjalanan perjuangannya di negeri sebrang untuk mencapai kesejahteraan, kemakmuran dan kebahagiaan. Berikut ini Fitriani Nila menyampaikan pesan kepada sahabat sahabatnya yang ditinggal diperatauan. Degan judul syairnya “Kisah Perjuangan TKW”

Wahai engkau TKW, Engkau pergi meninggalkan kampong halaman. Merantau ke negeri sebrang................ by; Fitria Nila (TKW bermasalah). Mengapa semangat ini sangat diperlukan? Setiap insan diperintah oleh pikiran. Pikiran adalah subjek yang mesti dikontrol. Lingkungan adalah sebuah refleksi dari pemikiran. Apa yang nampak adalah pernyataan apa yang ditemukan di dalam fikiran. Harmoni di fikiran akan tercermin dalam dunia luar dalam kondisi yang harmonis, entah itu dalam bentuk lingkungan yang menyenangkan ataupun segala sesuatu yang bagus serta baik. Hal seperti ini adalah fondasi kemakmuran dan sebuah keperluan esensial untuk semua kebaikan, semua kekuatan, semua pencapaian dan semua motif. Harmoni didalam pemikiran dimaksud adalah kemampuan mengontrol pikiran. Harmoni menghasilakan optimisme dan kemakmuran.
Dunia luar cermin dari kondisi nyata dan kondisi dari kesadaran dalam diri. Hidup adalah bukan pertambahan. Apa yang datang kepada kami dalam dunia luar adalah apa yang kami miliki dalam dunia dalam. Semua pemilikan merupakan dasar kesadaran. Semua keuntungan adalah hasil dari sebuah akumulasi kesadaran. Semua kekurangan adalah hasil dari penyebaran kesadaran.

Terkadang seseorang mengalami kondisi yang kurang menguntungkan dalam perjalanan hidup di mana ia bergelut dengan setiap kondisi, situasi dan memanfaatkan potensi yang serba terbatas untuk mencapai visi besar kehidupannya. Satu kata yang cukup dasyat dan luar biasa dalam perjuangan pada syair lagu di atas, adalah “rela mengadu nasib dengan sabar”. Sabar adalah kekuatan dasyat yang memiliki efek luar biasa dalam setiap proses menuju suatu visi besar dalam hidup seseorang. Jika dikaji lebih dalam setiap manusia memilihi hasrat untuk menetapkan suatu emosi terntentu, dan salah satu bentuk emosi itu adalah kesabaran. Maka tidak mengherankan ia merupakan kunci ajaib untuk “semua hal yang memerlukan proses”. Jika “proses” ini berada dalam fase kemajuan mewujudkan cita-cita besar seseorang, maka kepandaian pada bidang tertentu, kreatifitas, skill akan tumbuh bersamaan dengan kesabaran yang mengada dalam emosi seseorang.

Lain dari pada itu, syair-syair berikutnya menyiratkan suatu pesan perjuangan seseorang dalam menggapai kemakmuran, kebahagiaan, dan secara total harapan masa depan yang lebih baik disampaikan melalui goresan tinta ini. Untuk lebih jelasnya, perlu kiranya menyimak kisah yang dipaparkan oleh Eka Puji Rahayu yang mana beliau mendapat tantangan ketika ia menjadi tenaga kerja asing. Ia menuliskan pengalamannya secara lugas pada syair-syairnya.

Hari demi hari coba ku lalui juga. Langkah demi langkah tertatih Tanpamu Bunda. Derita demi derita, rintangan demi rintangan...... . elintas, terlihat syair ini membuang semua energi yang terus menghisap emosi dirinya ke arah kemandegan yang berkelanjutan. Syair ini menginginkan suatu perubahan ke arah yang lebih baik, dan arah itu adalah kondisi idel, cita-cita yang baik, dan semua kondisi yang memberikan kemakmuran, kebahagiaan riil bagi dirinya. Untuk itu penulis syair sangat optimis dengan impian yang ada dalam benaknya, dan optimisme ini lebih besar ketimbang semua alasan yang ada di pikirannya, sehingga ia meninggalkan semua alasan, termasuk orang-orang tercintanya, hanya semata-mata untuk peningkatan hidup.

Berbeda dengan hal di atas, pengalaman Lia Purnama Sari, menyampai satu ungkapan dalam bentuk doa di atas Sajadah Merah. Secara lugas ia memberikan saran pada kawan-kawannya wahai sahabatku halangan demi halangan kau hadapi teguhkan pendirianmu untuk menggapai bintang.

Ku hamparkan sajadah merah, Dengan hati resah, Aku meminta. Belenggu hati yang kini menyiksa jiwa.............. Bayati-Bekasi-JABAR. Satu rahasia terbesar dari syair doa ini adalah pencarian ketenangan melalui doa-doa yang memungkinkan untuk dipanjatkan dan kerangka utamanya adalah kedamaian, dan perwujudan cita-cita besarnya. Ini adalah fase dimana seseorang menggantungkan diri kepada ”Sang Maha Kuasa” yang kapasitasnya sebagai problem solver super hebat. Dan itulah pasrah seseorang dalam menerobas setiap rongga yang memungkinkan dirinya mendapatkan hasil yang pasti. Hasil-hasil yang pasti ini harus diberi boster perwujudannya dan pasrah adalah boster itu.

Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan kesadaran yang lebih mendalam bahwa semua sedang berkembang ke arah kemajuan hidup, semua sedang bergerak ke arah kemakmuran, semuanya sedang mengalir kepada satu tujuan besar yang merupakan nurani manusiawi, yaitu kebahagiaan. Nilai kebahagiaan ini merupakan goal setiap orang dan hal itu adalah nilai universal. Dimanapun? kapanpun? Manusia menghendaki dirinya berada di kondisi emosi itu. Maka dari itu, nilai universal mampu menyatukan setiap individu dan mengarahkan semua derap langkah umat manusia untuk selalu konsisten pada pencapaian kebahagiaan individu. Untuk kepentingan itu, keyakinan atas perbedaan sebagai rahmat Ilahi menjadi dasar persamaan visi besar kebahagiaan, dan karenanya toleransi sosial, kultural, justru menambah kekayaan budaya. Ekspresi setiap seni budaya terbentuk semata-semata untuk menunjang dan merealisir keyakinan akan kebahagiaan bagi individu yang memandang nilai budaya bersangkuatan sebagai sesuatu yang primer. Keyataan di atas menunjukan bahwa pentas seni budaya melayu serumpun sangatlah penting, terutama bagi penyadaran bagi semua individu akan arti pentinya harmonisasi sebagai satu nilai penyelarasan dengan kebahagiaan. Pembangunan seni budaya ini tidak membedakan asal usul subjek sebagaimana dimaksudkan untuk membentuk prilaku saling menghargai, menghormati, mengasihi, mencintai sehingga dapat terwujud harmonisasi.



1 comments:

Anonymous said...

Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada AKI GENDENG yang
telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja AKI GENDENG
dinmr hp beliau (082-313-481-643)
dan saya sudah membuktikan 5 KALI berturut-Turut tembus terimah kasih AKI GENDENG

Post a Comment